Saturday 23 March 2019

Bimtek / Pelatihan Manajemen Pengelolaan Koperasi

Berkenaan dengan Koperasi sama halnya dengan organisasi lainnya. membutuhkan manajemen yang baik dan benar. Bertujuan agar koperasi tercapai dengan efisien.
Hal yang membedakan antara manajemen koperasi dengan manajemen pada umumnya adalah dilihat dari unsur-unsur yang ada pada koperasi yakni rapat anggota, pengawas serta pengurus. Adapun didalam tugasnya dapat diperinci sebagai berikut :
  • Rapat anggota
    Rapat anggota tugasnya adalah menetapkan anggaran dasar, membuat kebijaksanaan umum, mengangkat / memberhentikan pengurus dan pengawas.
  • Pengurus
    Pengurus koperasi tugasnya memimpin koperasi dan usaha koperasi
  • Pengawas
    Bertugas mengawasi jalannya koperasi.
Bagi koperasi yang memiliki unit usahanya luas dan banyak, pengurus dapat mengangkat seorang manajer dan juga karyawan.
Manajer ataupun karyawan tidak mesti dari anggota koperasi dan sebaiknya diambil dari luar koperasi agar utntuk pengawasannya akan lebih mudah. Mereka bekerja berdasarkan tugas dari pengurus, untuk itu mereka dalam hai ini bertanggung jawab terhadap pengurus.
Untuk memberikan kemantapan dalam memahami Perkoperasian di Indonesia, Kami Akan Melaksanakan Bimbingan Teknis yang bertemakan “MANAJEMEN PENGELOLAAN KOPERASI”.

Baca juga :
1. Info Bimtek Pusdiklat Pemendagi
2. Jadwal Bimtek Pusdiklat Pemendagri

No comments:

Post a Comment